Taktik Menulis Ala Winna Efendi - Part 2



Bagaimana caranya memilih ingin menulis dalam genre mana, dari begitu banyak genre yang ada?
Kalau kata Winna Efendi nih, “Tulislah apa yang kamu tahu, dan yang membuatmu nyaman. Dan dari semua itu, kamu harus menulis sesuatu yang kamu suka baca.”
Kita harus bisa menemukan zona nyaman kita terlebih dahulu, mencari tema yang ingin kita gali, kemudian mulailah. Jika kita merasa tidak asing dengan dunia teenlit dan memiliki bakat untuk menulis genre tersebut, mengapa tidak?

Baca Juga "Taktik Menulis ala Winna Efendi - Part 1"

Menulis tentang dunia yang kita kenal akan memberikan rasa autentik dalam tulisan kita. Sama halnya jika kita sungguh-sungguh menikmati proses menulis dan menulis tentang sesuatu yang kita sukai.
Tetapi, bukan berarti kita tidak boleh menulis genre lain, atau tidak dapat menulis sesuatu di luar pengetahuan kita. Tujuan dari benar-benar memikirkan apa yang ingin kita tulis dan di genre mana kita berkecimpung adalah mengurangi resiko kita berubah pikiran di tengah jalan karena merasa ternyata genre tersebut belum sesuai dengan kapasitas kita. Kalaupun ternyata genre awal yang kita pilih bukan sesuatu yang cocok, kita masih dapat mengeksplorasi genre lain. Dan itu akan menjadi tantangan tersendiri. Saatnya keluar dari zona nyaman. Hal itu akan memberikan ruang untuk berkembang bagi kita sebagai seorang penulis.
Ada beberapa penulis yang sukses dengan berbagai genre, misalnya James Paterson yang sukses menulis cerita bertema pembunuhan, tetapi juga sukses dalam menulis romance. Atau Meg Cabot, yang sama kerennya dalam menulis teenlit atau chicklit.

Yang terpenting adalah terus bereksperimen untuk menemukan genre yang pas. Nggak perlu khawatir dan terburu-buru, karena menulis seringkali merupakan proses trial and error.


* Materi pembahasan #JumatEYD di Grup Whatsapp Klub Buku Indonesia*
* Di rangkum oleh Tim #JumatEyd : Rara Aywara, Feti Habsari, Eka *

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com