[Diskusi Buku] Animal Farm


Pembahasan Novel Animal Farm

Penulis             : George Orwell
Penerjemah    : Bakdi Soemanto
Genre              : Distopia
Penerbit          : BENTANG PUSTAKA
Tahun terbit    : 2015
Tebal               : 140 halaman
Pembahas       : Raysa, Ani, Mpok Budi.

Poin-poin Pembahasan Animal Farm KBI tanggal 12 Februari 2016
1.      Animal Farm dalam Sekilas Pandang
2.      Konflik
3.      Karakter
4.      Penutup


A. Animal Farm dalam Sekilas Pandang

“Kaki empat baik, kaki dua jahat.”

Animal Farm diawali dengan berkumpulnya binatang-binatang di Peternakan Manor, yang dimiliki Pak Jones. Salah seekor tetua di sana yakni babi Putih-Tengah terhormat yang dipanggil si tua Major mengalami mimpi aneh dan ingin menyampaikannya pada rekan2nya. Mereka sepakat berkumpul di lumbung setelah Pak Jones tidur. Mulai dari tikus sampai kuda berkumpul di sana dan mulai mendengarkan si tua Major berbicara. Semua binatang hadir, kecuali Moses, si gagak jinak yang tidur pada tenggeran.

Babi tua itu memanggil rekan sejenisnya dengan nama “kamerad”. Sebelum menceritakan mimpinya, ia mengajukan pertanyaan retoris mengenai kenyataan kehidupan para binatang di sana. Tak seekor pun binatang di Inggris yang bebas. Mereka bekerja keras untuk Manusia. Mereka terus hidup super sengsara dalam perbudakan Manusia. Manusia-lah masalah mereka.

Manusia-lah satu-satunya makhluk yang mengonsumsi tanpa menghasilkan. Ia tak bertelur, tak menghasilkan susu, tak dapat membajak dan berlari menangkap terwelu (binatang mirip kelinci). Manusia menyuruh binatang bekerja; mereka mendapatkan semua dan mengembalikan seminimal mungkin ke binatang hanya sekadar menjaga agar binatang tak kelaparan. Tenaga mereka untuk membajak tanah, kotoran mereka untuk menyebarkan tanah, tetapi tak satu pun dari binatang memiliki tanah seluas kulit mereka.

Si tua Major memaparkan semua kesengsaraan yang telah diderita oleh para binatang karena perlakuan Pak Jones dan mengambil kesimpulan bahwa semua kejahatan dalam hidup mereka muncul dari tirani Manusia. Ia mulai mendorong binatang untuk melakukan sesuatu yang belum pernah mereka atau binatang di Inggris lakukan sebelumnya: Pemberontakan!

Apa pun yang berjalan dengan dua kaki tetaplah musuh, dan apa pun yang berjalan dengan empat kaki atau bersayap, pesan si tua Major. Dalam perjuangan menuju Pemberontakan ini, mereka tak boleh menyerupai Manusia.

Kemudian babi tua itu menceritakan tentang mimpinya: tentang seperti apa bumi ketika Manusia sudah punah. Mimpi ini mengingatkannya kepada sebuah lagu yang dinyanyikan ibunya saat ia kecil. Dan lagu itu semalam kembali ke mimpinya, lagu yang dinyanyikan oleh binatang beberapa tahun silam dan telah hilang dari ingatan bergenerasi-generasi. Kemudian dengan suara serak ia menyanyikan kembali lagu itu, yang berjudul “Binatang Inggris”.

Lirik lagu ini penuh semangat perjuangan dan membakar gelora dalam diri para binatang sehingga mereka berada dalam kegembiraan yang meluap-luap. Mereka kemudian mulai melantunkan lagu itu, bahkan binatang paling bodoh pun hafal nada dan beberapa patah kata. Bagi binatang yang pintar seperi babi dan anjing, dalam beberapa menit sudah hafal seluruh lagu.

Pemberontakan belum terlaksana, namun si tua Major tiga hari kemudian meninggal dengan tenang saat tidur. Selama tiga bulan berikutnya, banyak kegiatan rahasia terjadi di Peternakan Mayor. Babi, yang dianggap paling cerdas, menjadi organisator kegiatan. Yang paling menonjol adalah Snowball dan Napoleon. Snowball adalah babi bersemangat, lebih cepat bicara dan menemukan hal baru, namun dianggap tak memiliki kedalaman karakter. Sementara Napoleon adalah babi garang yang tak banyak bicara, namun dikenal sering menuruti kemauannya sendiri. Satu lagi seekor babi potong yang paling dikenal, bernama Squealer. Gerakannya gesit, suaranya melengking, pembicara cerdas dan manipulati. Ia bisa mengubah hitam jadi putih.

Ketiga babi ini mengelaborasikan ajaran si tua Major ke dalam suatu pemikiran bernama Binatangisme. Dan pada bulan Juni, para binatang yang dipimpin Snowball dan Napoleon menyerbu Pak Jones dan pekerjanya di lumbung jerami. Mereka terbakar marah dan mengejar Jones sampai ke luar peternakan. Pemberontakan sudah terjadi, dan Peternakan Manor menjadi milik mereka.

Mereka mengganti nama Peternakan Manor menjadi Peternakan Binatang atau Animal Farm, judul buku ini. Prinsip binatangisme diejawantahkan menjadi Tujuh perintah yang menjadi pegangan dalam era baru kekuasaan para binatang di peternakan, yakni:

1.Apa pun yang berjalan dengan dua kaki adalah musuh.
2.Apa pun yang berjalan dengan empat kaki dan bersayap adalah teman.
3.Tak seekor binatang pun boleh mengenakan pakaian.
4.Tak seekor binatang pun boleh tidur di ranjang.
5.Tak seekor binatang pun boleh minum alkohol.
6.Tak seekor binatang pun boleh membunuh binatang lain.
7.Semua binatang setara.

Snowball memimpin mereka untuk panen jerami. Namun ada tiga sapi yang harusnya diperah susunya. Setelah susu itu diperah, Napoleon menyuruh para binatang untuk mengikuti Snowball memanen jerami. Sore harinya, susu yang telah diperah sebelumnya lenyap. Nanti di bab berikutnya terungkap bahwa susu itu menjadi campuran bubur untuk babi. Dan, dimulailah babak baru hidup para binatang.

            Baca juga A Man Called Ove

Distopia adalah istilah bagi masyarakat di dunia imajiner yang hidup dalam tempat tak menyenangkan dan diawasi ketat oleh pemerintah.

Mengapa Animal Farm bisa disebut novel distopia? Karena di novel ini, Orwell menciptakan suatu dunia yang penghuninya memimpikan sebuah tempat tinggal sempurna atau utopis, namun pada praktiknya menjadi tempat yang lebih buruk dari yang mereka impikan di awal.


Buku ini mengalami beberapa pencekalan dan dilarang beredar di beberapa negara karena isinya yang dianggap tak sesuai dengan sistem pemerintahan yang dianut negara tsb.

Beberapa negara yang mencekal buku ini antara lain :

1. Kuba

Animal farm dilarang beredar dari tahun 1945 hingga sekarang karena isinya mengkritik praktik komunisme yang ada di sana.

2. Kenya

Buku ini juga dilarang beredar mulai tahun 1991-sekarang karena mengkritik kepemimpinan yang buruk.

3. Tiongkok

Versi bahasa Inggris buku ini dilarang peredarannya dari tahun 1945 sampai sekarang. Namun, versi bahasa Mandarin yang telah disensor, diperbolehkan beredar.

4. Rusia

Buku ini dilarang beredar dari tahun 1943-1980an karena isinya sendiri memang merupakan alegori keadaan politik di Rusia pada masa Perang Dunia kedua.

B. Konflik

Masa Pertama-Perang Kandang Sapi

Sepanjang musim semi, semua binatang terlibat dalam pekerjaan memanen jerami, mulai dari menggunakan mesin sampai yang paling rendah sekalipun, yaitu membalik dan mengumpulkan jerami. Terkecuali babi-babi. Mereka tidak sungguh bekerja dalam arti fisik, tetapi mereka mengarahkan dan mengawasi yang lainnya. Dan musim panas kali ini mereka benar-benar menikmati hasil panen tanpa adanya si Manusia parasit. Setiap hari Minggu, mereka melakukan upcara dan Rapat. Biasanya para babi mengajukan rencana dan resolusi untuk diperdebatkan. Binatang-binatang lain tak pernah bisa memikirkan resolusi sendiri, meski mereka paham cara mengajukan pendapat. Jadilah dalam Rapat biasanya terjadi adu pendapat antara Snowball dan Napoleon.

Apa pun saran yang dibuat oleh salah seekor dari mereka, yang lain bisa dipastikan akan menentangnya. Bahkan ketika suatu rencana sudah disetujui, misal penyisihan sebagian lahan sebagai panti wreda binatang yang pensiun, terjadi perdebatan ramai tentang masa pensiun binatang. Rapat biasanya selalu diakhiri dengan lagu “Binatang Inggris”.

Snowball selalu menyibukkan diri dengan mengorganisasi binatang lainnya ke dalam apa yang disebutnya Komisi Binatang. Misalnya Komisi Produksi Telur bagi ayam-ayam betina, Liga Ekor Bersih bagi sapi-sapi, Komisi Re-edukasi Kamerad Liar yang ditujukan untuk tikus dan terwelu, dan kelas membaca juga menulis. Dengan adanya kelas membaca dan menulis, babi-babi jadi lancar baca tulis, anjing lumayan lancar, Muriel si kambing bisa membaca lebih baik dari anjing. Benjamin bisa membaca sebaik babi namun tak tertarik mengasah kemampuannya, Boxer hanya bisa memahami sampai huruf D saja dan Clover si kuda tak bisa membentuk kata-kata. Sementara para unggas tak bisa menghafal Tujuh Perintah, dan Snowball akhirnya memerasnya menjadi satu pepatah saja: “Kaki empat baik, kaki dua jahat.”

Sementara Napoleon tak tertarik dengan komisi yang diciptakan Snowball. Ia bilang pendidikan untuk binatang muda lebih penting daripada apa pun yang bisa dikerjakan oleh binatang dewasa. Setelah Jessi dan Bluebell (anjing-anjing) melahirkan sembilan anak mereka dan disapih, semua diambil oleh Napoleon sambil berkata bahwa ialah yang akan bertanggung jawab terhadap pendidikannya. Mereka diletakkan terpisah dari penghuni lainnya sehingga para binatang dengan segera melupakan keberadaan sembilan anak anjing tersebut.

(Alasan Orwell adalah karena ia ingin mengidentifikasikan mereka dengan agen-agen KGB yang bergerak sebagai pasukan khusus yang ‘mengurusi’ lawan-lawan politik dari Stalin. Kata ‘education’ yang dimaksudkan oleh Napoleon sebenarnya adalah proses indoktrinasi. Napoleon tidak pernah berniat untuk memiliki rakyat yang pintar karena hal itu dapat membahayakan posisinya sebagai penguasa. Bagi para rakyatnya, indoktrinasi diberikan agar mereka tidak percaya dan tunduk terhadap Napoleon, sedangkan bagi anjing-anjing, indoktrinasi dilakukan sedini mungkin agar mereka dibesarkan dengan nilai loyalitas yang tinggi kepada kekuasaan pemimpin)

Pada awal Oktober, Jones yang ingin mengambil alih kembali peternakannya membawa semua anak buahnya dan juga beberapa orang dari peternakan tetangga, yaitu Peternakan Foxwood dan Pinchfield. Serangan ini telah diantisipasi oleh penghuni Peternakan Binatang. Snowball yang telah mempelajari operasi pertahanan dari buku Julius Caesar yang ditinggalkan Jones memimpin operasi tersebut.

Begitu Manusia menyerang, Snowball melancarkan serangan pertama dengan manuver yang dikerahkan oleh para unggas. Kemudian serangan kedua dilontarkan: Muriel, Benjamin, dan semua biri-biri dikomando oleh Snowball sendiri menyodok dan menyerang orang-orang dari segala sisi. Serangan ketiga dilakukan oleh semua binatang (kecuali Mollie yang bersembunyi di kandang, ketakutan) dan Snowball sendiri langsung menyerang Jones. Akibatnya Manusia tunggang langgang. Snowball yang terluka karena peluru Manusia diberi gelar “Pahlawan Binatang, Peringkat Pertama” dan Boxer yang tak sengaja membunuh seorang manusia diberi gelar “Pahlawan Binatang, Peringkat Kedua”. Keduanya mendapat gelar yang disepakati para binatang dengan suara bulat. Perang terhadap Jones dan manusia lain ini kemudian disebut Perang Kandang Sapi oleh para binatang.

Masa Kedua-Rencana Pembangunan Kincir Angin dan Pengusiran Snowball

Pada Rapat yang sedang membicarakan rencana pekerjaan pada musim dingin, Snowball sering memenangkan dukungan mayoritas karena keahlian berpidato. Namun pada waktu-waktu tertentu, Napoleon dengan bantuan biri-biri berhasil mendapat dukungan. Terutama saat biri-biri selalu menyela Rapat dengan nyanyian “Kaki empat baik, kaki dua jahat”, apalagi pada saat-saat penting pidato Snowball.

Snowball telah merancang pembangunan sebuah kincir angin yang nantinya akan memudahkan pekerjaan para binatang, yang dicemooh Napoleon tak akan menghasilkan apa-apa. Semua binatang yang melihat sketsa Snowball kagum dengan kerumitan dan ketelitian rancangannya. Sketsa itu dibuat Snowball di atas lantai dengan goresan kapur. Napoleon yang dari awal bersikap acuh tak acuh kemudian diam-diam mengencingi sketsa itu.

Tibalah hari pada ketika rencana Snowball selesai. Pada Rapat hari Minggu diputuskan apakah akan membangun kincir angin atau tidak. Snowball yang kadang diganggu embikan biri-biri, mengajukan alasannya untuk mendorong pembangunan kincir angin. Kemudian Napoleon berdiri dan mengatakan bahwa pembangunan itu omong kosong dan menganjurkan tak seekor binatang pun yang memberi dukungan. Snowball melompat dan membentak biri-biri, kemudian melanjutkan argumen-agumennya tentang keuntungan apa saja yang akan diperoleh binatang jika mereka membangun kincir angin.

Bisa dikatakan para binatang mendukung ide Snowball dan memberikan suara, tetapi tiba-tiba Napoleon mengeluarkan suara rengekan bernada tinggi. Kemudian terdengar suara anjing menyalak yang mengerikan dari luar lumbung dan sembilan anjing besar menerjang Snowball dan mencaploknya. Binatang yang lain terlalu takut untuk melakukan apa pun dan hanya bisa terdiam melihat peristiwa ini. Snowball berlari ke luar lumbung padi, dan karena terus dikejar, meninggalkan Peternakan Binatang. Ia pun tak pernah terlihat lagi.

Anjing-anjing itu segera kembali kepada Napoleon dan mengibaskan ekor seperti kepada induknya. Kemudian diketahui bahwa anjing-anjing ini adalah sembilan anak anjing yang dahulu diambil Napoleon dari Jessie dan Bluebell dan dijadikan peliharaannya.

(Dalam sejarah, salah seorang lawan politik Stalin, Trotsky, di’bungkam’ dengan bantuan kekuatan pasukan khusus ini. Hal yang sama dilakukan oleh Orwell dalam ceritanya, yaitu Napoleon menyingkirkan keberadaan Snowball melalui pasukan anjingnya.)

Napoleon dengan para penjaganya kemudian naik mimbar dan mengumumkan bahwa Rapat Minggu ditiadakan dan di masa depan akan dibentuk satu panitia khusus babi yang diketuai dirinya sendiri untuk mengurus semua pekerjaan terkait pertanian. Empat babi terdepan merengek marah, namun dibungkam oleh para anjing. Binatang lain kecewa dan protes karena Snowball telah berjasa bagi mereka dan berani melawan manusia. Hal ini dipatahkan dengan licik oleh Squealer, babi kecil juru bicara Napoleon yang mengatakan keberanian saja tidak cukup. Pidato Napoleon ini mengawali masa pemerintahan tunggal Napoleon di Peternakan Binatang.

Masa Ketiga-Pembangunan Kincir Angin

Meski pada awalnya terlihat menentang, Napoleon mengatakan bahwa kincir angin tetap harus dibangun. Binatang pun heran karena sikap Napoleon. Dengan lihai Squealer berkata bahwa itu semua adalah taktik Napoleon untuk menyingkirkan Snowball yang berniat buruk.

Untuk realisasinya pembangunan, sepanjang tahun para binatang bekerja seperti budak. Panenan juga agak berkurang. Napoleon mengumumkan bahwa hari Minggu pun mereka harus bekerja. Pekerjaan ini bersifat sukarela dan bagi yang tidak hadir, maka ransumnya akan dikurangi setengah. Dalam masa ini, terdengar kabar bahwa Napoleon akan membuat kesepakatan bisnis dengan peternakan Foxwood atau Pinchfield. Kesepakatan ini adalah untuk kelangsungan ransum di Peternakan Binatang.

Pada masa ini pula, para babi mendadak pindah ke dalam rumah peternakan dan tinggal di sana. Hal ini menganggu binatang lainnya karena bertentangan dengan Tujuh Perintah : Tak seekor binatang pun boleh tidur di ranjang dengan seprai. Squealer kemudian menjelaskan bahwa mereka sudah melepas seprai dan mereka pantas tidur di ranjang karena letih mengorganisir binatang lain. Para binatang pun bungkam.

Tibalah November yang membawa angin barat daya yang kencang. Angin ini akhirnya menghancurkan pekerjaan kincir angin mereka yang masih setengahnya. Napoleon berteriak sengit, “Snowball!” dan berpendapat bahwa kehancuran ini adalah ulah Snowball yang balas dendam karena diusir. Para binatang kaget akan kata-kata Napoleon namun percaya padanya. Napoleon mendorong mereka untuk membangun kembali kincir angin dari awal.

Masa keempat-Pembantaian Binatang Pertama 
Pada masa ini kelaparan melanda peternakan karena ransum tinggal sedikit dan persediaan kentang tertutup salju yang membeku. Napoleon memanfaatkan biri-biri untuk mengembikkan bahwa persediaan makanan meningkat. Sementara Napoleon sendiri banyak menghabiskan waktu di dalam rumah dan dijaga oleh para anjingnya yang galak.

Untuk mendapatkan ransum, Napoleon menyuruh ayam betina untuk menyerahkan semua telur dan dijual ke pasar melalui Pak Whymper. Para ayam ini berteriak protes dan melakukan upaya untuk melawan Napoleon. Ini adalah kali pertama terjadinya pemberontakan sejak Jones disingkirkan. Napoleon kemudian mengancam akan memberhentikan ransum ayam dan siapa saja yang  memberi makan ayam akan dihukum mati. Beberapa ayam menyerah setelah kelaparan lima hari. Sembilan ayam lainnya akhirnya mati.

Beberapa kali terjadi peristiwa di peternakan, contohnya kebocoran saluran air atau jendela pecah. Napoleon menuduh Snowball-lah pelakunya. Para binatang tak percaya, namun Squealer menambahkan bahwa Snowball adalah penjahat yang bekerjasama dengan dua peternakan tetangga untuk menghancurkan Peternakan Binatang. Ia memiliki dokumen rahasia semua rencana itu dan menantang para binatang membacanya. Para binatang tentu saja tak bisa membaca dan semua ini hanya gertak sambal dari Squealer yang menatap nista para binatang di depannya. Mau tak mau semua binatang percaya pada kata-kata Squealer.

Napoleon berdiri dengan galak sambil mempelajari hadirin, kemudian mengeluarkan rengekan melengking. Anjing-anjing langsung melompat ke depan dan merenggut telinga empat babi dan menyeret mereka ke kaki Napoleon. Empat babi tersebut lalu mengakui bahwa selama ini mereka berhubungan dengan Snowball sejak ia disingkirkan, dan mereka juga bersekongkol dengan Snowball untuk menghancurkan kincir angin. Setelah itu anjing-anjing menggorok para babi. Beberapa binatang lain pun mengaku: tiga ayam betina mengaku bermimpi Snowball yang menghasut mereka, seekor angsa mengaku menyembunyikan enam tongkol jagung, seekor biri-biri mengaku telah mengencingi kolam minum didorong oleh Snowball, dan dua biri-biri lain mengaku membunuh kambing tua pengikut Napoleon. Mereka semua dibantai di tempat.

Semua binatang lain sedih dan gemetar. Adegan teror dan pembantaian itu bukan apa yang mereka harapkan pada malam ketika si tua Major pertama-tama mendorong mereka untuk berontak. Mereka membayangkan satu masyarakat binatang yang bebas dari kelaparan dan cambuk, semua sama rata, masing-masing bekerja sesuai kapasitas, dan yang kuat melindungi yang lemah.

Setelah itu, lagu “Binatang Inggris” dihapuskan karena berisi ide pemberontakan, sementara saat ini sudah tak diperlukan lagi pemberontakan, ujar Squealer. Napoleon mulai hidup di bagian khusus dalam rumah lama Jones, makan dari manhkuk berbeda, dan mulai dipanggil dengan “Pemimpin kami, Kamerad Napoleon”. Para binatang pun jadi terbiasa memberikan kredit untuk Napoleon atas semua pencapaian mereka. Misalnya, “Dengan bimbingan Pemimpin kita, Kamerad Napoleon, aku sudah bertelur lima butir dalam enam hari.”

Masa Kelima-Hancurnya kincir angin (lagi)

Selama ini Peternakan Binatang terlihat berusaha bekerjasama dengan Peternakan Foxwood, yaitu rencana menjual kayu bakar ke Pilkington dan mendapatkan uang untuk membeli mesin kincir angin. Namun para binatang terbungkam ketika Napoleon mengatakan ia telah menjual kayu itu ke Peternakan Pinchfield milik Frederick. Dengan seakan berteman dengan Pilkington, ia telah memaksa Frederick menaikkan harga kayu hingga dua belas pound (hal ini karena hubungan Pilkington dan Frederick yang tidak akur dan bersaing untuk bisa bekerjasama dengan Peternakan Binatang).

Setelah menerima uang dari Frederick, diketahui bahwa uang-uang itu palsu. Dari awal ternyata Frederick hanya ingin mengambil keuntungan dari Peternakan Binatang. Napoleon kemudian mengumumkan perang kepada Frederick. Di samping itu, ia mengirimkan pesan perdamaian dengan Pilkington untuk kembali berhubungan baik.

Frederick dan orang-orangnya kemudian menyerang kincir angin dengan meledakkannya menggunakan mesiu. Para binatang dengan komando Napoleon yang mengarahkan pasukan dari samping menyerang para Manusia, dan berhasil mengusir mereka dari Peternakan Binatang. Para binatang kecewa karena kincir angin yang telah mereka bangun selama dua tahun menjadi sia-sia, namun Squealer dengan handal mengatakan bahwa mereka harus merayakan kemenangan karena berhasil mengusir musuh dan memberi kredit pada Napoleon atas kepemimpinannya. Ia juga mengungkapkan bahwa mereka akan membangun kembali kincir angin seperti sedia kala. Bagi para binatang, ide Snowball dahulu bahwa kincir angin akan mempermudah hidup mereka menjadi kian samar dan semakin terasa bahwa pembangunan ini menjadikan hidup mereka kian sengasara dan dirundung kelaparan.

Pada masa itu, ada satu insiden aneh yang hampir tak dimengerti para binatang. Terdengar suara pecahan keras di halaman pada malam hari. Kemudian ditemukan sebuah tangga yang pecah menjadi dua. Squealer terkapar di sebelahnya, dan didekatnya ada sebuah kuas cat dan kalang cat putih terbalik. Beberapa hari kemudian Muriel membaca Tujuh Perintah dan menemukan Perintah Kelima tertulis: “Tak seekor binatang pun boleh minum alkohol berlebihan.”

Masa Keenam-Ketika Babi Berkaki Dua

Tahun-tahun berlalu. Tibalah saatnya ketika tak ada lagi yang ingat masa lalu sebelum Pemberontakan terjadi kecuali Clover, Benjamin, Moses si gagak dan beberapa babi. Peternakan itu kini sudah lebih makmur dan diperluas dengan dua ladang yang telah dibeli dari Pilkington. Kincir angin akhirnya selesai dibangun.

Kelihatannya peternakan itu semakin kaya, meski tak mebuat binatang-binatang itu lebih kaya, kecuali babi dan anjing. Hal ini dijelaskan Squealer karena setiap hari para babi harus mengurus hal-hal seperti “berkas”, “notulen”, dan “memorandum” yang penting bagi kesejahteraan peternakan.

Para binatang tak bisa mengingat, apakah masa sekarang di mana mereka merasa kelaparan, bekerja keras di ladang, dan tidur di jerami, lebih baik dibandingkan masa ketika Jones belum diusir. Keadaan lebih baik atau lebih buruk, mereka tak bisa ingat. Tak ada hal yang bisa mereka bandingkan karena tak ada bukti selain daftar angka dari Squealer yang selalu menunjukkan bahwa segalanya semakin baik dan lebih baik. Hanya Benjamin tua yang mengaku ingat.

Suatu petang, terdengar ringkikan Clover dan semua binatang berhenti berjalan. Mereka kemudian melihat apa yang dilihat Clover: Squealer, dengan agak canggung, berjalan menyeberang halaman tersebut hanya dengan dua kaki. Tak lama kemudian, barisan panjang babi berbaris keluar dan semua berjalan dengan kaki belakang saja. Lalu keluarlah Napoleon, berjalan tegak dengan anggun, dan kaki depannya membawa cemeti.

Suasana pun sunyi dipenuhi keheranan dan ketakutan. Binatang seharusnya bisa protes, namun mereka telah terbiasa dengan teror anjing dan bertahun-tahun tak pernah mengeluh, mengkritik, dan peduli apa yang sedang terjadi. Persis saat para binatang menunjukkan tanda-tanda ingin protes, biri-biri mulai mengembik keras:

“Kaki empat baik, kaki dua lebih baik!”

Clover yang sudah rabun meminta Benjamin untuk membacakan kembali papan berisi Tujuh Perintah karena ia merasakan ada yang berbeda pada tulisan itu. Benjamin pun melanggar aturannya sendiri dan membacakan. Di sana sudah tidak ada apa-apa lagi kecuali satu Perintah tunggal:

SEMUA BINATANG SETARA

TETAPI BEBERAPA BINATANG LEBIH SETARA DARIPADA YANG LAINNYA.

Hari-hari berikutnya semua babi-babi yang menjadi mandor membawa cemeti. Mereka memasang telepon dan berlangganan koran Daily Mirror. Napoleon berjalan di kebun dengan sebatang pipa dimulutnya, mengenakan baju-baju bekas Jones. Babi betina kesayangannya muncul menggunakan gaun Bu Jones.

Nah, bagaimanakah akhir dari Animal Farm?


C. Penokohan

Nah karena  Animal Farm  merupakan alegori keadaan di Kekaisaran Rusia dan Uni Soviet, maka tokoh-tokoh di dalam cerita ini sebagian besar didasarkan pada tokoh-tokoh atau institusi perlembagaan yang terkait dengan hal tersebut. Tokoh - tokoh dalam cerita ini cukup banyak dan memiliki karakteristik masing-masing. Para tokoh ini bisa dikategorikan menjadi: "babi", "manusia", "kuda", dan "binatang-binatang lain".

Ø  Yang pertama adalah tokoh Babi :

Babi disini digambarkan sebagai hewan yang paling cerdas di antara hewan-hewan lain di Peternakan binatang. Mereka mampu membaca, belajar hal-hal baru, dan cepat beradaptasi. Tokoh-tokohnya yaitu :

1.       Si tua Major adalah seorang tokoh protagonis cerita. Ia didasarkan terhadap tokoh Karl Marx dan Lenin . Kabarnya George Orwell  menghormati tokoh ini.

2.       Napoleon, tokoh antagonis cerita ini merupakan seekor babi Bershkire yang berpenampilan agak garang, tidak banyak bicara, tetapi dikenal sering menuruti kemauannya senidiri. Ia tokoh yang kejam dan egois. Napoleon menindas binatang-binatang yang lain demi dirinya sendiri dan merebut semua kekuasaan di Peternakan Binatang. Ia mengusir rivalnya Snowball. Napoleon digambarakan sebagai tokoh Joseph Stalin.

Nah, cerita sedikit tentang Josef Stalin. Pada masa pemerintahannya di Uni Soviet, Stalin memodernisasi pertanian dengan program kolektivisasi yang terkenal ganas dan mengakibatkan banyak rakyatnya mati kelaparan, dibuang ke Gulag dan Siberia, atau ditembak mati oleh aparat pemerintah. Stalin juga membunuh banyak orang yang dianggapnya sebagai pembangkang, termasuk golongan militer. Pembersihan Militer pada tahun 1937 adalah yang terburuk. Selain itu, ia turut memprakarsai industrialisasi Uni Soviet meski lebih ditujukan untuk kepentingan militer.

Di dalam buku, hal semacam ini terlihat ketika pada suatu malam Napoleon memerintahkan semua binatang untuk berkumpul. Para anjing-anjing pengawal pribadi Napoleon –yang disini digambarkan sebagai para polisi Rusia- menyeret empat babi ke kaki Napoleon dan diminta untuk mengetahui kesalahan mereka. Keempat babi ini adalah empat babi yang memprotes tindakan Napoleon yang menghapuskan Rapat mingguan. Mereka mengaku diam-diam berhubungan dengan Snowball sejak ia disingkirkan. Segera setelah itu keempat babi ini digorok tenggorokannya oleh para anjing-anjing Napoleon.

Dan binatang-binatang lain yang kemudian ikut mengakui kesalahan mereka –memimpikan Snowball, menyembunyikan jagung, kencing dalam kolam minum- langsung dibantai ditempat setelah pengakuan mereka.



  
ini dia orangnya.

3.       Snowball  juga merupakan tokoh protagonis dalam cerita ini. Ia pandai, suka menemukan hal baru, lebih pandai berbicara dan simpatik. Ia juga lebih bersemangat dibanding Napoleon. Namun ia kalah dalam perebutan kekuasaan di Peternakan Binatang dan dianggap tidak memiliki kedalaman karakter. Ia mencerminkan tokoh Lev Trotsky.

4.       Squealer adalah juru bicara Napoleon yang pandai memutar balikkan fakta dan menipu para hewan lainnya. Ia adalah pembicara yang cerdas dan ketika berdebat pembicaraannya bisa melompat kesana kemari. Ia merupakan gambaran dari koran pemerintah Uni Soviet, Pravda yang mengkomunikasikan kebijakan pemerintah kepada rakyat Uni Soviet.

5.       Minimus adalah penyair yang menuliskan puisi pujian dan lagu-lagu yang menyanjung Napoleon.

6.       Pinkeye adalah babi yang bertugas mencicipi makanan Napoleon untuk berjaga-jaga terhadap racun yang barangkali ada dalam makanan Napoleon.

Ø  Yang kedua adalah Tokoh Manusia

Manusia dalam cerita ini digambarkan sebagai makhluk yang jahat, yang selalu menyiksa hewan-hewan. Tokoh dalam cerita ini adalah :

1.       Tuan Jones, yaitu pemilik awal Peternakan Manor. Ia melambangkan Nikolai II dari Rusia yang tidak berkemampuan dan tidak bisa mengatur pertanian.

2.       Tuan Frederick, adalah pemilik sebuah pertanian tetangga. Ia adalah seseorang yang tangguh dan cerdas, secara terus menerus terlibat dalam persoalan hukum dan sulit diajak tawar-menawar. Ia melambangkan Adolf Hitler yang memimpin Nazi di Jerman.

Sedikit cerita, pada tahun 1939, Soviet menandatangani Pakta Molotov-Ribbentrop dengan Nazi Jerman yang memberi jalan bagi Uni Soviet untuk mencaplok bagian timur Polandia, negara-negara Baltik, dan Bessarabia. Pencaplokan Soviet atas Polandia diwarnai dengan adanya Pembantaian Katyn, yaitu pembunuhan massal 20.000 orang Polandia oleh NKVD. Walaupun demikian, isi pakta ini dilanggar oleh Nazi yang melakukan Operasi Barbarossa. Setelah mengalami kekalahan demi kekalahan, Tentara Merah berhasil menahan serbuan Nazi pada tahun 1943 dan akhirnya berhasil mengusir mereka dari Eropa Timur. Daerah-daerah yang dulunya dikuasai Nazi, termasuk Jerman Timur, direbut oleh Soviet. Walaupun lebih dari 20 juta rakyat Uni Soviet terbunuh dalam Perang Patriotik Raya, dunia mulai memperhitungkan kekuatan Tentara Merah.

Di dalam buku, diceritakan bahwa Napoleon membuat perjanjian melalui pengacaranya Whymper dengan Frederick dan Pilkington masalah pembelian kayu. Diantara keduanya Fredericklah yang paling ingin  membelinya dan terjadi negosiasi rumit diantara mereka. Sampai kemudian akhirnya Napoleon berhasil memaksa Frederick membeli kayu dengan harga sebanyak dua belas pound, hal ini ia dapat dengan berpura-pura berteman dengan Pilkington. Sampai ketika Napoleon menerima uang dari hasil pembelian kayu itu ia berpikir telah berhasil dan binatang-binatang lain bangga terhadapnya. Tapi ternyata, Ferderick lebih cerdas, ia ternyata memberikan uang palsu. Setelah itu Ferderick melakukan penyerangan terhadap Peternakan Binatang. Penyerangan ini berakhir dengan menangnya Peternakan Binatang meskipun para binatang harus berdarah-darah.

3.       Tuan Pilkington melambangkan pemimpin-pemimpin negara adidaya Barat seperti Presiden Amerika Serikat dan Perdana Menteri Inggris yang dikabarkan dianggap munafik oleh George Orwell.

Ø  Yang ketiga adalah Tokoh Kuda :

Kuda digambarkan sebagai binatang yang tidak begitu cerdas. Ketiga kuda protagonis melambangkan ketiga kelas sosial.

1.       Boxer adalah kuda pekerja keras yang luar biasa dan mempunyai sifat teguh di Peternakan Binatang. Dimana-mana ia dihormati. Namun ia hanya diperalat oleh Napoleon saja. Nasibnya tragis, setelah ia tua dan sakit-sakitan ia dijual oleh Napoleon kepada seorang tukang jagal untuk disembelih. Ia melambangkan kelas bawah, yaitu para pekerja di Uni Soviet. Kepatuhannya yang membabi-buta berujung kepada kerugian mereka sendiri dan keuntungan para pemimpin.

2.       Clover adalah kuda betina pasangan Boxer. Ia melambangkan kelas menengah, yaitu para pelajar yang bersimpati kepada para pekerja.

3.       Mollie adalah kuda betina muda yang gemar bersolek dan makan makanan yang enak, namun setelah revolusi berlangsung, ia melarikan diri ke peternakan tetangganya. Ia melambangkan kelas atas, yaitu kaum borjuis dan bangsawan yang dimanjakan oleh sang Tsar. Setelah Revolusi Rusia, mereka melarikan diri ke negara-negara Barat.

Ø  Binatang-binatang lainnya :

1.       Benjamin adalah seekor keledai yang berpandangan sinis. Ia adalah satu-satunya hewan yang menyadari tirani babi tidak ubahnya seperti tirani manusia, namun ia tidak berusaha mengubah apapun. Ia melambangkan orang-orang pandai yang tutup mulut agar dapat hidup lebih lama.

2.       Muriel adalah seekor kambing yang mampu membaca. Ia melambangkan pekerja yang pandai.

3.       Moses adalah seekor gagak Tuan Jones, ia selalu menyebarkan cerita tentang Gunung Gula, yaitu surga para hewan, yang keberadaanya selalu disangkal oleh para babi. Ia melambangkan Gereja Ortodoks Rusia yang dianiaya di bawah pemerintahan komunis Rusia. Moses memiliki karakteristik yang mirip dengan tokoh Grigori Rasputin.

4.       Para Anjing adalah pengawal pribadi Napoleon, eksekutor pengkhianat, dan penegak hukum. Mereka melambangkan polisi rahasia Rusia seperti KGB, Cheka, NKVD, dan OGPU.

5.       Para Ayam dan Sapi adalah hewan perahan yang dipaksa menghasilkan telur dan susu baik oleh Tuan Jones maupun oleh Napoleon. Ketika para ayam menolak menyerahkan telur-telur mereka, Napoleon membuat mereka kelaparan hingga mereka menyerah. Mereka melambangkan  Para petani dalam pertanian kolektif Rusia. Sewaktu mereka menolak rencana Stalin, Stalin membuat mereka kelaparan hingga mereka menyerah.

6.       Para Burung Dara adalah alat propaganda Napoleon, seperti juga Rusia, yang menggembar-gemborkan kemajuan teknologi Peternakan binatang/Rusia, hasil panen yang berlimpah, namun tidak mengijinkan orang luar untuk memeriksa kebenarannya.

7.       Para biri-biri adalah hewan-hewan bodoh yang melakukan apa saja yang diperintahkan tanpa dipikir sedikit pun. Mereka inilah yang menjadi massa pengikut Stalin. Dalam buku ini, jika terjadi kegelisahan karena keraguan di antara para binatang terhadap pemerintahan Stalin, biri-biri selalu mengembikkan jargon “Kaki empat baik, kaki dua jahat” hingga seluruh protes binatang tersebut teredam.

8.       Kucing - adalah hewan yang tidak peduli dengan Napoleon, tidak mau bekerja, tapi menyuruh orang lain untuk bekerja, dan kabur sewaktu ada bahaya. Ia melambangkan organisasi-organisasi bawah tanah Rusia (mafia, pencuri, dll).

D. Penutup

Animal Farm adalah sebuah novel satiris yang ditulis semasa Perang Dunia II dan diterbitkan pada tahun tanggal 17 Agustus 1945, walaupun baru sukses pada penghujung dasawarsa 1950-an. Animal Farm ialah alegori satiris tentang totalitarianisme Uni Soviet. Peristiwa-peristiwa utama dalam buku ini berdasarkan peristiwa-peristiwa Uni Soviet semasa Kekaisaran Rusia, dan setelahnya. Orwell, pendukung sosialisme demokratis serta anggota Independent Labour Party (sebuah partai buruh di Britania Raya) selama beberapa tahun, adalah pengkritik Stalin.

Kejadian–kejadian dalam novel ini memiliki kemiripan dengan keadaan yang sebenarnya pada saat si pengarang menulis novel tersebut. Sebagai contoh adalah adanya perebutan kekuasaan antara Stalin dan Trotsky, yang dilambangkan dengan perseteruan antara Napoleon dan Snowball. Persoalan kelas sosial yang sangat terlihat antara kaum proletariat (pekerja), borjuis (kaum bangsawan) dan elit politik saat itu.


Novel tersebut merupakan fabel satir politis yang mengkritisi kapitalisme dan komunisme. Kritik terhadap praktik-praktik kapitalis direpresentasikan oleh tokoh Pak Jones pemilik Peternakan Manor. Kritik terhadap komunisme direpresentasikan oleh para tokoh binatang yang memberontak terhadap Pak Jones. Marxisme sebagai sebuah ideologi perjuangan pemberontakan direpresentasikan oleh seekor babi hutan bernama si tua Major. Komunisme sebagai praktis politik direpresentasikan oleh seekor babi bernama Napoleon. Sistem produksi ekonomi para binatang diekploitasi oleh Pak Jones, dan setelah terjadi revolusi semu dieksploitasi oleh rezim Napoleon. Orasi si tua Major di depan para binatang merupakan perjuangan wacana, dan pemberontakan para binatang di bawah kepemimpinan Napoleon merupakan perjuangan kekuasaan. Perjuangan kelas terutama diperoleh oleh rezim Napoleon yang menjadi kelas penguasa.


Animal Farm adalah salah satu contoh karya sastra yang mengungkapkan masalah sosial pada jamannya kepada pembaca. Di dalam novel tersebut, pengarang berusaha mengetengahkan pendapat pribadinya dan mengkritik keadaan sosial saat itu yang menurutnya tidak baik. Kritik melalui suatu karya sastra adalah suatu kritik yang sangat efektif, selain dapat langsung diketahui publik, pihak yang disudutkan tidak dapat berbuat banyak untuk menuntut si pengarang. Salah satu perspektif teori sosial yang digunakan oleh George Orwell dalam novelnya Animal Farm adalah Marxisme. Dalam perspektif ini pokok persoalan kelas sangat penting karena perjuangan kelas merupakan antagonisme yang menggerakan dialektika materialisme. Menurut Marx persoalan sosial bersumber pada sistem produksi ekonomi yang menjadi struktur dasar sebuah masyarakat, dan sistem produksi tersebut mempengaruhi superstruktur pemerintahan, pendidikan, kebudayaan, kesenian, dan lain-lain.

Meskipun awalnya ditulis untuk mengkritik komunisme Rusia dan Uni Soviet, namun karena bentuk perumpamaan atau satire yang digunakannya, maka penafsiran yang terlepas dari konteks Uni Soviet juga dimungkinkan. Secara umum, tokoh Napoleon melambangkan pemerintah yang akhirnya menjadi diktaktor, bisa jadi Soeharto, Mao Zedong dan lain-lain. Animal Farm juga dapat melambangkan negara-negara yang mereka perintah, baik Indonesia, RRC dan lain-lain.

2 comments:

Halo ! Silakan tinggalkan komentar dengan menggunakan bahasa yang baik. Link hidup akan otomatis terhapus ya n_n

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com