6 hal ini dapat membantu



Ada beberapa hal yang dapat dilakukan setelah membaca sebuah buku. Entah itu untuk keperluan menulis resensi atau untuk tugas kuliah/sekolah. Terkadang, ada juga yang mengalami setelah membaca buku kemudian merasa bingung dengan apa yang dibaca, mungkin 6 hal ini dapat membantu dalam hal membaca.

1. Tujuan Penulis

Apakah penulis berusaha membujuk, mengarahkan, menginformasi atau menghibur pembaca? Apa pesan yang ingin disampaikan oleh penulis? Mengapa penulis menulis buku/tulisan tersebut?

Ketiga pertanyaan di atas juga dapat membantu siapa saja dalam membaca sebuah buku. Untuk memahami apa saja yang menjadi Tujuan dari Penulis.

2. Siapkan pertanyaan

Ketika membaca sebuah judul buku atau melihat kata pengantar atau juga membaca ringkasan dari sebuah buku. Ada baiknya untuk mempersiapkan pertanyaan, sebelum membaca. Fungsinya adalah membantu dalam memahami buku yang dibaca dengan lebih baik, dengan sudut pandang yang berbeda. Ini juga bermanfaat untuk yang bingung ingin menulis resensi seperti apa ketika selesai membaca buku tersebut. Berikut beberapa contoh pertanyaan yang dapat disiapkan :

- Apa sih yang ingin ditanyakan tentang buku yang dibaca?
- Adakah sesuatu yang ingin ditanyakan pada penulisnya usai membaca buku tersebut?
- Apa lagi yang ingin diketahui tentang topik yang menjadi tema dalam buku itu?
- Pendapat apa yang ingin diutarakan tentang "Bagian terpenting" dari sebuah buku?


3. Amati dirimu sendiri

Untuk apa? Pastinya untuk kepentingan sebagai pembaca, sejauh apakah memahami topik yang diangkat dari sebuah buku. Ini juga bisa menjadi sebuah bahan, bisa masukan atau justru bisa diungkapkan melalui tulisan atau sebuah diskusi.

- Apa latar belakang pengetahuan/profesi yang #sahabatklubbuku miliki, yang juga ada hubungannya dengan buku tersebut?
- Apakah #SahabatKlubBuku bertanya pada diri sendiri ketika membaca buku itu?
- Apa yang #SahabatKlubBuku lakukan ketika mendapati satu kata yang belum pernah diketahui?

4. Kesimpulan

Apa yang dapat disimpulkan oleh pembaca melalui perantara karakter utama? Pesan atau hal apakah yang dapat diketahui secara tersirat, maksud dari penulis yang tidak dituliskan dalam buku? Ini bisa membantu dalam memahami buku yang awalnya bisa saja sulit untuk dipahami. 

5. Rangkuman dan Tema

Apa sih tema yang diangkat dari buku tersebut, ceritakan dua hal yang berkaitan dengan tema dari sebuah buku? Judul apa yang bagus menurut opini pribadi pada buku yang dibaca? Pastinya setiap pembaca akan memiliki 'selera' untuk memberian judul lain pada buku yang sudah dibaca. Kemudian, apa yang terjadi pada klimaks dalam cerita? Tulislah rangkuman kisah dari buku yang mengikutsertakan permulaan - pertengahan - sampai akhir, tapi tanpa memberi spoiler.

6. Hubungan

Biasanya ada beberapa bagian dari sebuah cerita dalam buku yang memiliki kesamaan dengan pembaca, hal ini bisa dituliskan juga bagian yang memiliki hubungan dengan pembaca. Kemudian, bisa juga membandingkan dengan  buku lain yang memiliki tema serupa atau memiliki kisah atau bagian yang sama, yang memiliki hubungan dengan pembaca. Kesimpulan dari buku yang dibaca, adakah pesan moral yang disampaikan, apa pesan moralnya?

Dari ke-6 hal di atas, semoga dapat membantu #SahabatKlubBuku dalam memahami buku yang dibaca, atau juga untuk menjadi bahan diskusi/tulisan. 


Semoga bermanfaat,

Klub Buku Indonesia

No comments:

Post a Comment

Halo ! Silakan tinggalkan komentar dengan menggunakan bahasa yang baik. Link hidup akan otomatis terhapus ya n_n

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com